Sabtu, 09 Mei 2020

Motivasi Kegiatan Belajar Mengajar "AQU JUDES"

Bismillah
Proses Belajar dan Mengajar
Belajar adalah suatu proses tahapan agar manusia mendapatkan ilmu. Dengan ilmu tersebut seseorang akan beramal sholeh sehingga selamat bahagia dunia akherat. Dan itulah tujuan hidup seorang manusia beriman sebagai hamba Allah yang Maha Kuasa.

Di dalam Al Qur'an Surat Al-Ashr ayat 1-3 
                  وَالْعَصْر     (١
           اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ     (٢
اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ     (٣
1. Demi Masa
2. Sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi
3. Kecuali orang-orang beriman dan beramal sholeh serta yang saling menasehati dalam kebaikan dan saling menasehati dalam kesabaran

Inilah yang menjadi dasar/pondasi dalam semua hal aktifitas kita di muka bumi ini awal, proses dan hasil yang akan kita peroleh.
Kemudian Imam Asy-Syafi’i rahimahullah mengomentari keutamaan Surat Al-‘Ashr seraya berkata:

Sekiranya Allah tidak menurunkan hujjah bagi makhlukNya kecuali surat ini saja, maka sungguh hal itu sudah mencukupi

Dan inilah yang menjadi motivasi/inspirasi/nasehat/amanah hidup/tujuan hidup seorang manusia seorang hamba yang beriman. Begitu pula setiap insan yang berilmu dengan proses belajar dan mengajar akan memperoleh ilmu bermanfaat sehingga akan menghasilkan amal perbuatan/karya/inovasi terbaik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan dunia ini jika berlandaskan yang kuat terhadap makna/tafsir surat Al Ashr ini.(Tafsir Ibnu Katsir Surat Al Ashr 1-3)

Motivasi belajar dan mengajar dengan karakter/akhlak mulia adalah kejujuran. Jujur hati,lisan,perbuatan untuk beriman dan beramal sholeh kepada Allah akan mendatangkan akhlak dan kebaikan lainnya terhadap alam semesta ini. Dengan jujur maka seorang penuntut ilmu akan disiplin waktu yang telah diingatkan dalam surat ini yang jika tidak memanfaatkan waktu dengan baik maka akan rugi/sengsara/susah dalam hidup. Disiplin disetiap sisi kehidupan.

Pembelajaran dengan kurikulum nasional dan penguatan pendidikan karakter adalah proses belajar yang mentranfer pengetahuan kepada peserta didik dengan penuh menyenangkan untuk saling memotivasi/menasehati dalam kebaikan dan kesabaran yang terus dijalin dengan bersinergi pada Ketrampilan hidup abad-21 (4C) dan HOTS akan menghasilkan generasi bangsa beriman dan berakhlak mulia. Proses belajar dan belajar terus menerus berkesinambungan agar memperoleh petunjuk kebaikan hingga akhir kehidupan seseorang dan dunia ini.

Inilah motivasi AQU (Akhlak Qur'an) dalam kegiatan belajar mengajar dengan karakter awal JUJUR dan DISIPLIN menuju SUKSES dunia akherat. (JUDES)

Inovasi guru untuk kemajuan pendidikan sangat dibutuhkan dengan landasan yang baik dan kuat. Artikel/tulisan ide baik membutuhkan wahana yang tepat sehingga dapat bermanfaat untuk banyak orang yang ingin terus belajar dan mendapat kebaikan salah satunya dengan program SATU GURU SATU BLOG
#copyright: Mohamad Lukman-Mei2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quiz Sains AQU - VIII SMP

Silahkan kerjakan Quiz Sans AQU - VIII SMP dibawah ini dengan benar dan tepat